Yuk Kenali Ragam Jenis Container dan Ukurannya

Yuk Kenali Ragam Jenis Container dan Ukurannya

Dalam aktifitas perdagangan internasional atau ekspor impor, peti kemas atau container adalah komponen yang tidak dapat dipisahkan. Jenis container juda sangat bervariasi. Oleh karenanya, jika bisnis Anda berorientasi ekspor atau mungkin sedang belajar ekspor, maka Anda wajib memiliki pengetahuan tentang ragam jenis container.

Keragaman jenis container itu sendiri tak terlepas dari kebutuhan dalam muat barang ekspor impor. Sebuah container didesain untuk memudahkan proses perpindahan barang dengan menggunakan berbagai jenis moda transportasi seperti melalui pesawat terbang, kapal laut, kereta api atau menggunakan truk tanpa harus membongkar muat barang barangnya.

Container juga dirancang agar bisa digunakan berulang kali. Dengan bentuk dan bahan yang kokoh penggunaan container ditujukan supaya bisa menyatukan berbagai muatan menjadi satu dan mudah dipindahkan serta bisa ditumpuk untuk penyimpanan.

Manfaat Container

Pengiriman barang menggunakan container dalam kegiatan ekspor memiliki manfaat tersendiri. Khususnya bagi 3 (tiga) pelaku aktifitas kegiatan yakni daru sudut pandang eksportir/importir, pemilik kapal, dan pelabuhan.

Manfaat Bagi Eksportir/Importir

  1. Mengurangi biaya transportasi
  2. Menghemat biaya pelabuhan (port charge)
  3. Mengurangi biaya pergudangan dan inventori
  4. Mengurangi biaya pengepakan/pengemasan
  5. Mengurangi premi asuransi

Manfaat Bagi Pemilik Kapal

  1. Mempercepat waktu penyelesaian bongkar muat
  2. Bisa memuat lebih banyak cargo

Manfaat Bagi Pelabuhan

  1. Mengurangi kemacetan pelabuhan
  2. Mempercepat proses bongkar muat

Jadi, kita perlu memakai kontainer ketika melakukan ekspor/impor supaya menghemat biaya, waktu, memudahkan proses yang terjadi, dan lain sebagainya.

Jenis Container Berasarkan Ukuran

Berdasarkan ukuran, ada 3 (tiga) jenis container yang sering digunakan dalam aktifitas perdagangan ekspor, antara lain:

Container 20 ft

Container ukuran 20 ft merupakan container dengan standar ukuran ISO yang paling banyak digunakan saat ini. Khususnya dalam pengiriman menggunakan kapal laut, baik kapal besar atau kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *