Tips Sederhana Cara Menentukan Harga Jual Ekspor

Tips Sederhana Cara Menentukan Harga Jual Ekspor

Harga selalu menjadi fokus para buyer/ importer dalam melakukan transaksi di pasar internasional. Karena itu, sebagai eksportir kita harus pintar menentukan harga jual ekspor, yang tidak hanya menguntungkan, tetapi juga bersaing dengan kompetitor.

Salah satu tujuan berbisnis adalah untuk mendapatkan laba. Sama halnya dalam bisnis ekspor, kita harus pintar-pintar menentukan harga. Jangan sampai harga yang kita tawarkan kepada buyer terlalu murah atau terlalu mahal. Jadi harga itu harus dihitung dengan serius.

Indonesia memiliki komoditas unggulan di pasar internasional. Tentunya dalam hal harga, pastinya juga bersaing dengan negara lain yang memiliki komoditas serupa. Harga jual ekspor sangat berperan dalam keberhasilan ekspor suatu komoditas.

Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda benar-benar mempersiapkan harga jual ekspor yang tepat, agar bisa bersaing di pasar global. Hal ini perlu diperhatikan agar komoditas unggulan Indonesia tetap bisa bersaing dengan negara lain. Namun sebelum membahas cara menentukan harga jual ekspor, ketahui terlebih dulu apa saja komoditas unggulan yang dimiliki Indonesia.

Sekilas Komoditas Unggulan Yang Kerap Diminati Pasar Global

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang kaya akan hasil alamnya. Sehingga tak heran jika hasil kekayaan alam Indonesia menjadi komoditas unggulan ekspor ke berbagai penjuru dunia untuk memenuhi permintaan pasar.

Disamping itu, dengan melakukan kegiatan ekspor komoditas unggulan, bisa membantu perekonomian negara, karena secara tidak langsung menambah devisa negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *