Pengertian Incoterms, Tujuan dan Jenisnya dalam Kegiatan Ekspor

Pengertian Incoterms, Tujuan dan Jenisnya dalam Kegiatan Ekspor

Mungkin sebagian dari kita yang bergerak pada dunia bisnis di bidang ekspor barang sudah tidak asing lagi mendengar istilah Incoterm. Namun, bagi pebisnis pemula yang baru akan terjun ke dunia ekspor, mungkin terasa asing dengan istilah ini.

Anda tidak perlu khawatir, karena di artikel ini kami akan membahas secara khusus mengenai pengertian incoterms dan apa peranannya dalam aktivitas ekspor, serta jenisnya.

Sebelum menjadi eksportir, tentunya harus memahami segala hal yang berkaitan dengan dunia perdagangan internasional. Hal paling mendasar yang harus diketahui mulai dari cara mengurus izin usaha hingga memahami berbagai istilah yang dilampirkan pada dokumen persyaratan ekspor.

Selain itu, setiap eksportir juga harus mengetahui berbagai istilah incoterms untuk memudahkan dalam menjalankan kegiatan usaha ekspor.

Incoterm sendiri sebenarnya merupakan istilah yang sangat umum digunakan dalam perdagangan internasional.

Apa Itu Incoterms?

Diambil dari asal katanya, Incoterms adalah singkatan dari kata International Commercial Terms. Jadi, jika diartikan dari asal katanya, maka arti kata Incoterms adalah sebagai berikut:

  • International : Internasional atau antar negara.
  • Commercial : bentuk perdagangan atau yang berkaitan dengan perdagangan.
  • Terms : kata jamak dari term yang artinya istilah-istilah

Incoterms diciptakan untuk menyamakan makna yang ada antara eksportir dengan importir dalam perdagangan internasional, di mana tujuan utamanya adalah agar komunikasi dapat berlangsung dengan efektif serta perdagangan internasional dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *