Panduan Budidaya Udang Vaname dengan Cara Tradisional Untuk Ekspor

Panduan Budidaya Udang Vaname dengan Cara Tradisional Untuk Ekspor

Kepadatan algae bisa diukur dengan cara mencelupkan seci dish ke dalam air tambak, kemudian melihat skala senti pada tongkat. Kepadatan algae pada tambak wajib diperbaiki jika sechi dish berada diatas 45 cm ataupun dibawah 35 cm. Jika melebihi 45 cm, maka harus ditambah dengan pupuk dan jika berada dibawah 35 cm maka jangan tambahkan pupuk.

Perawatan Kesehatan Lingkungan

Menjaga kesehatan lingkungan air tambak dan mempertahankan kestabilan air merupakan cara paling efektif untuk menghindari penyakit. Selain itu, pemeliharaan lingkungan tambak yang baik juga akan menurunkan risiko terhadap infeksi virus dan bakteri pada tambak udang.

Mempersiapkan Udang Vaname Berkualitas Untuk Ekspor

Untuk memenuhi permintaan pasar ekspor, hanya udang Vaname dengan kualitas bagus. Adapun ciri udang Vaname dengan kualitas baik. Bentuk badan yakni terbagi menjadi tiga bagian antara lain : bagian kepala dan dada (cephalothorax), badan (abdomen) serta ekor.

Sedangkan bagian-bagian badannya meliputi rostrum, sepasang mata, sepasang antenna, serta antennule bagian dalam dan luar. Memiliki juga tiga buah maxiliped, lima pasang kaki jalan (periopoda), lima pasang kaki renang (pleopoda), sepasang telson dan uropoda.

Udang vannamei memiliki rostrum menyerupai lengan di bagian ujung chepalothorax di atas mata dan antennule. Rostrum ini memiliki gigi sebelah atas berjumlah 2 – 4 buah dam gigi bagian bawah berjumlah 5 – 8 buah yang panjang melebihi tangkai antennule karapasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *