Meningkatnya Ekspor Minyak Kelapa Sawit Sebagai Salah Satu Komoditas Unggulan Indonesia

Meningkatnya Ekspor Minyak Kelapa Sawit Sebagai Salah Satu Komoditas Unggulan Indonesia

Industri perkebunan dan pengolahan sawit adalah industri kunci bagi perekonomian Indonesia. Kegiatan ekspor minyak kelapa sawit adalah penghasil devisa yang penting dan industri ini memberikan kesempatan kerja bagi jutaan orang Indonesia.

Dengan kekayaan alam dan iklim tropis, menjadikan Indonesia memiliki beragam komoditas unggulan, salah satunya adalah kelapa sawit. Dengan tanahnya yang subur, Indonesia memiliki perkebunan kelapa sawit yang tersebar di beberapa provinsi.

Indonesia menjadi negara eksportir minyak kelapa sawit terbesar di dunia pada tahun 2020. Dimana total ekspor minyak kelapa sawit Indonesia tercatat mencapai 37,3 juta ton untuk memenuhi kebutuhan pasar dunia.

Tentu ini hal yang membanggakan, karena Indonesia menduduki peringkat pertama penghasil minyak sawit terbesar di dunia, berhasil menggeser posisi negara Malaysia ke peringkat kedua. Disamping itu, dengan meningkatnya ekspor minyak kelapa sawit pastinya menambah devisa negara dan membantu perekonomian negara, salah satunya dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

Pencapaian terbesar tersebut tidak lepas dari potensi lahan yang sawit yang demikian besar di Tanah Air. Pada 2020 saja luas lahan kelapa sawit di Indonesia mencapai 16,38 juta hektare area (Ha) dengan 26 provinsi penghasil. Adapun produksinya di tahun 2019 Jan 2020 lebih kurang 47,40 juta ton.

Sawit sendiri merupakan industri padat karya menerap tenaga kerja langsung sebanyak 4,2 juta orang, dan tidak langsung 12 juta orang (hulu-hilir)

Manfaat Minyak Kelapa Sawit

Sebagai salah satu jenis perkebunan yang maju dan banyak dibudidayakan di Indonesia, tentunya kelapa sawit memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat dari kelapa sawit? berikut ini adalah beberapa manfaat praktis kelapa sawit dihimpun dari beragai sumber antara lain :

1. Sebagai Bahan Baku Minyak Goreng

Manfaat minyak kellapa sawit yang pertama adalah sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng. Tidak dapat dipungkiri memang, minyak goreng merupakan salah satu sari sembilan bahan pokok yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu kalangan rumah tangga, restoran, dan juga berbagai industri makanan.

2. Sebagai Campuran Bahan Bakar Biodiesel

Bahan bakar utama dari diesel dapat diperoleh dengan menggunakan campuran dari minyak kelapa sawit, yang dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan bahan bakar diesel fosil.

3. Sebagai Bahan Pembuatan Kosmetik

Berbagai macam produk kosmetik atau kecantikan seperti krim dan juga lotion yang biasa kita gunakan pada kulit juga terbuat dari bahan baku utama minyak kelapa sawit, yang diformulasikan dengan menggunakan berbagai macam bahan berupa serum dan juga vitamin – vitamin yang baik untuk kesehatan kulit kita.

Daerah Penghasil Minyak Sawit di Indonesia

Sebagai negara beriklim tropis, tanaman kelapa sawit memang tumbuh di sebagian besar wilayah Indonesia. Bahkan, pada 2018, Indonesia bahkan berhasil menggeser posisi Malaysia sebagai produsen minyak sawit terbesar di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *