Mengenal Ragam Cara atau Metode Pembayaran Dalam Bisnis Ekspor

Mengenal Ragam Cara atau Metode Pembayaran Dalam Bisnis Ekspor

Bagi pebisnis yang ingin melebarkan jangkauan pemasaran produknya dengan melakukan kegiatan ekspor ke luar negeri bisa menjadi pilihan menguntungkan. Namun bagi pebisnis yang baru berencana melakukan ekspor, sering muncul pertanyaan bagaimana cara buyer membayar produk yang di ekspor. Dengan adanya kendala pertanyaan seperti inilah, terkadang tidak sedikit pebisnis yang mengurungkan niatnya untuk melakukan ekspor.

Padahal, dengan melakukan kegiatan ekspor, banyak sekali manfaat atau keuntungan yang bisa diperoleh. Produk akan lebih dikenal luas hingga ke mancanegara, disamping itu juga bisa membantu perekonomian negara karena akan menambah devisa negara. Manfaat lain tentunya adalah keuntungan secara financial akan bertambah seiring meningkatnya kebutuhan akan produk.

Oleh karena itu, salah satu langkah untuk menjadi eksportir salah satunya adalah dengan memahami cara atau metode pembayaran dalam bisnis ekspor.

Metode Pembayaran Bisnis Ekspor Yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan pebisnis yang akan melakukan kegiatan ekspor ialah memahami dan mempersiapkan metode pembayarannya. Dalam perdagangan internasional era modern, cara pembayaran tunai langsung biasanya dianggap kurang aman.

Secara umum, cara untuk melakukan pembayaran dalam proses perdagangan internasioan yang sering digunakan yaitu metode Letter of Credit (L/C).

Apa itu Pembayaran Letter of Credit (L/C) ?

Metode pembayaran L/C memungkinkan pebisnis atau eksportir menerima pembayaran dari importir, setelah produk dan dokumen dikirimkan, tetapi tidak perlu menunggu konfirmasi diterimanya produk di importir. Jadi ini seperti surat jaminan dari importir yang memastikan pembayaran kepada eksportir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *