Memanfaatkan Strategi MOQ Yang Tepat Dalam Bisnis Ekspor

Memanfaatkan Strategi MOQ Yang Tepat Dalam Bisnis Ekspor

Saat kita melakukan perdagangan, terlebih di era digital online saat ini seperti di marketplace, sering kita menjumpai istilah MOQ. Sebenarnya apa itu MOQ? Dan apakah perlu penerapan MOQ dalam aktifitas bisnis ekspor?

Pengertian MOQ

MOQ atau Minimun Order Quantity, bisa juga diartikan sebagai batas minimal jumlah pesanan. Namun, sebelum kita membahas lebih dalam tentang MOQ, mari bersama kita membahas beberapa realita yang mampu mewakili kita selama ini dan sangat sering kita jumpai dimana-mana.

Saat berbelanja online di marketplace, pernahkan Anda bertemu dengan penjual yang memberlakukan harga barang yang lebih murah daripada penjual lainnya tapi dengan disertai syarat minimal pembelian?

Contohnya ada produk tas yang bagus. Harga satuannya adalah Rp 5000, tapi jika ada penjual yang mampu mematok harga Rp 2000 bila Anda memborongnya dengan minimal jumlah pesanan 1000 pcs.

Harga yang mereka tawarkan ini bisa menjadi selisih yang sangat banyak, dan akan menjadi lebih murah daripada membelinya secara satuan karena nantinya akan dikenakan harga eceran.

Kondisi inilah yang kurang lebih menjadi gambaran sederhana dari pengertian MOQ ini. Batas yang paling sedikit yang bisa kita beli pada parang di penjual tertentu. Atau atau kita berada sebagai pihak penjual, maka MOQ adalah batas minimal jumlah yang boleh dijual dalam sekali transaksi.

Manfaat Penerapan Strategi MOQ

Menerapkan strategi Minimum Order Quantity (MOQ) juga diperlukan dalam aktifitas ekspor. Ada beberapa manfaat yang diperoleh eksportir ketika menerapkan strategi MOQ, antara lain:

Efektif dan Cepat Menghabiskan Stok Barang

Eksportir bisa memberikan syarat minimal jumlah pembelian kepada buyer importir. Jika Anda memiliki stok barang terlampau banyak di gudang, Anda bisa menerapkan metode ini. Berikan syarat jumlah minimal pesanan kepada buyer atau importir, dengan konsekuensi harga bisa lebih murah dari harga pasaran atau jika membeli satuan atau eceran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *