Melirik Potensi Ekspor Komoditas Biji Kopi Indonesia di Pasar Dunia

Melirik Potensi Ekspor Komoditas Biji Kopi Indonesia di Pasar Dunia

Selain iklim, jenis tanah pada setiap daerah pun dapat mempengaruhi cita rasa. Berikut 5 daerah penghasil biji kopi terbaik di Indonesia:

Sumatera Selatan

Sumatera Selatan menjadi penyumbang terbesar produksi kopi di Indonesia dengan luas lahan 263.339 Ha. Uniknya, semua hasil produksi di provinsi tersebut bersumber dari perkebunan rakyat. Sekitar 70% dari kopi yang dihasilkan merupakan jenis kopi robusta.

Lampung

Lampung terletak di ujung selatan dari Pulau Sumatera dan merupakan produsen kopi terbesar kedua di Indonesia. Berdasarkan data dari BPS tahun 2017, area perkebunan yang tersedia seluas 161.416 ha ini mampu menyumbang 17,44% kopi Indonesia origin.

Anda bisa melirik kopi robusta asal Lampung yang kualitasnya terjamin sangat bagus di daerah Liwa, kabupaten Lampung Barat.

Aceh Tengah

Setiap orang pasti tahu dengan kopi Aceh. Pasalnya kopi yang satu ini merupakan primadona karena mampu memanjakan kenikmatan di lidah konsumennya. Persentase jumlah kopi dari daerah ini sebesar 10,27% dengan luas area 123.696 ha.

Wilayah Aceh Tengah merupakan dataran tinggi Gayo, sehingga cocok sebagai tempat tumbuhnya Arabika dengan kualitas unggul. Beberapa daerah yang menghasilkan antara lain Kabupaten Aceh Tengah, Takengon, Gayo Luwes, dan Kabupaten Benner.

Sumatera Utara

Meskipun Sumatera Utara berada di urutan keempat sebagai daerah terbesar yang memproduksi kopi, namun tingkat produksinya sudah cukup tinggi dengan luas perkebunan 85.459 ha.

Jawa Timur

Sekitar 9,7% kopi Indonesia berasal dari Jawa Timur, angka ini menjadikannya berada di peringkat kelima terbesar. Area perkebunan yang tersedia luasnya 104.882 ha.

Syarat dan Ketentuan Ekspor Kopi

Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor yang diatur tata niaga ekspornya, yang termasuk dalam Buku Tarif Kepabeanan Indonesia HS Nomor 09.01 dan 21.01.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *