Melirik Potensi Ekspor Komoditas Biji Kopi Indonesia di Pasar Dunia

Melirik Potensi Ekspor Komoditas Biji Kopi Indonesia di Pasar Dunia

Dengan kekayaan alam dan iklim tropis, menjadikan Indonesia memiliki beragam komoditas ekspor unggulan, salah satunya adalah kopi. Dengan tanahnya yang subur, Indonesia memiliki perkebunan kopi yang tersebar di beberapa provinsi.

Indonesia memiliki beragam jenis asal kopi dari berbagai penjuru Indonesia seperti kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Flores, kopi Lampung, dan lain-lain. Tapi apakah Anda tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara terbesar produsen biji kopi di dunia?

Dengan berlimpahnya produk biji kopi, Indonesia memang memiliki potensi ekspor biji kopi dibanding negara lain.

Indonesia menjadi salah satu negara eksportir kopi terbesar di dunia, dimana kegiatan ekspor kopi ini untuk memenuhi kebutuhan pasar dunia. Hal ini tentu menguntungkan karena akan meningkatkan devisa negara seiring dengan banyaknya kegiatan ekspor kopi.

Mengapa Kopi?

Kopi menjadi produk yang populer di dunia. Disamping itu, kopi menjadi komoditas terbesar kedua. Adapun dua jenis kopi yang paling diminati pasar global adalah kopi Robusta dan Arabika.

Jika kita lihat dari tingkat konsumsinya, sekitar 70% penduduk dunia ini adalah konsumen kopi Arabika, dimana memiliki cita rasa mild dan aromatik. Sedangkan sisanya, 30% penduduk dunia ini adalah konsumen kopi Robusta, dimana memiliki rasa lebih pahit dan kadar kafein 50% lebih tinggi daripada kopi Arabika.

Indonesia memiliki potensi besar melakukan kegiatan ekspor kopi, karena memiliki keunggulan sebagai negara penghasil biji kopi terbaik di dunia, terutama jenis kopi Robusta dan Arabika.

Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang menghasilkan kopi paling besar di dunia. Iklim di sini membuat banyak daerah cocok untuk digunakan sebagai lahan perkebunan kopi. Masing-masing daerah menyuguhkan kopi dengan aroma dan cita rasa yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *