Komoditas Udang, Sang Primadona Unggulan Ekspor Indonesia

Komoditas Udang, Sang Primadona Unggulan Ekspor Indonesia

Berdasarkan data National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Fisheries, pada bulan April 2021, nilai impor udang AS mencapai 514,2 juta dolar AS (setara dengan 7,4 triliun rupiah) dengan atau meningkat sebesar 17%, dibanding April 2020 lalu. Kemudian dari sisi volume, impor udang AS pada April 2021 sebesar 61,1 ribu ton atau meningkat sebesar 18,2% dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

Mengacu pada data tersebut terlihat adanya tren positif pertumbuhan permintaan udang di pasar AS, yang tentu menjadi peluang bagi Indonesia sebagai salah satu produsen utama udang dunia untuk mengisi pasar tersebut.

Dari tiga jenis udang yang paling mudah dalam hal pengembangan adalah jenis udang vaname. Dengan resiko kecil karena udang jenis ini dinilai lebih tahan serangan penyakit dan tingkat pertumbuhan yang cepat dibanding udang jenis lainnya.

Jika Anda tidak memiliki keahlian atau pengetahuan dalam hal pengembangan budidaya udang Vaname, Anda bisa menggandeng petani udang Vaname yang sudah berkembang. Tentunya memiliki kapasitas produksi yang sanggup memenuhi permintaan pasar.

Disisi lain Anda juga harus mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk mendukung kegiatan ekspor udang Vaname.

Akan tetapi, tantangan untuk melakukan ekspor udang vaname masih tinggi. Minimnya pengetahuan masyarakat mengenai prosedur dan syarat menjadi eksportir juga masih banyak, salah satunya mungkin Anda yang baru memiliki rencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *