Komoditas Udang, Sang Primadona Unggulan Ekspor Indonesia

Komoditas Udang, Sang Primadona Unggulan Ekspor Indonesia

Udang vannamei bisa dikembangkan dengan teknik pola tambak udang tradisional, semi-intensif, maupun supra intensif.

Dengan nilai ekspor jenis perikanan lebih dari 85% dari keseluruhan ekspor udang. Nilai ekspor udang vaname Indonesia sendiri merupakan urutan ke-3, pertama Thailand kemudian India. Budidaya udang vaname relatif lebih mudah jika bandingkan dengan udang jenis lain.

Tingginya nilai ekspor udang vaname tidak hanya menguntungkan pemerintah. Bagi masyarakat, potensi untuk meraup keuntungan dengan budidaya udang vaname juga masih tinggi.

Dalam melakukan budidaya udang vaname dapat menggunakan air tawar.

Udang Vannamei sangat diminati oleh pasar Amerika Serikat. Selain itu permintaan udang jenis ini semakin meningkat datang dari negara China dan Jepang.

2. Udang Windu

Udang Windu merupakan udang asli Indonesia. Udang dengan nama latin Penaeus Monodon dikenal juga sebagai Tiger Shrimp. Udang windu digemari sebagai bahan makanan karena badannya yang tergolong besar dan rasanya manis gurih. Pasar ekspor udang windu dari Indonesia ke Jepang dan kawasan Eropa.

Udang Windu umumnya dikembangkan dengan teknik pola tambak tradisional. Namun, udang Windu lebih sulit dalam proses pemeliharaan. Hingga saat ini udang Windu masih memiliki kerentanan yang tinggi dibandingkan dengan udang Vannamei. Udang Windu masih mudah terserang penyakit atau virus yang bisa menimbulkan kematian.

3. Udang Galah

Udang galah dikenal juga sebagai Fresh Water shrimp. Udang galah disukai oleh pasar Asia karena memiliki kandungan asam lemak jenuh tidak terlalu tinggi dampak dari hidup di air tawar. Udang galah (Macrobrachium Rosenbergii) memiliki ukuran paling besar dibandingkan jenis udang air tawar lainnya.

Mempersiapkan Komoditas Udang Untuk Ekspor

Seiring meningkatnya permintaan kebutuhan udang dari beberapa negara seperti Amerika Serikat, China, dan Jepang, tentu ini menjadi kesempatan Anda yang sedang mencari peluang bisnis ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *