Komoditas Udang, Sang Primadona Unggulan Ekspor Indonesia

Komoditas Udang, Sang Primadona Unggulan Ekspor Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil alamnya. Sehingga tak heran jika Indonesia memiliki komoditas ekspor unggulan. Beragam hasil kekayaan alam Indonesia diperdagangkan hingga ke segala penjuru dunia untuk memenuhi kebutuhan manusia. Salah satunya adalah hasil industri perikanan adalah udang. Dimana saat ini udang menjadi primadona komoditas unggulan utama yang paling berperan membantu perekonomian negara.

Sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang kaya, Indonesia memiliki nilai ekspor udang yang tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya. Terlebih dengan kondisi geografis yang secara garis besar wilayah Indonesia adalah laut, maka tak heran Indonesia terkenal sebagai negara maritim.

Dan sebagai negara maritim, Indonesia mencatatkan diri sebagai negara pengekspor hasil perikanan terbesar di dunia. Salah satu hasil kekayaan alam dari sektor perikanan adalah udang.

Akan tetapi, tidak semua jenis udang bisa di ekspor ke mancanegara. Setidaknya ada 3 (tiga) jenis udang yang menjadi unggulan pasar ekspor Indonesia untuk memenuhi permintaan negara lain.

Mengenal Jenis Udang Unggulan Untuk Ekspor

Berikut 3 (tiga) jenis udang unggulan yang menjadi komoditas utama ekspor Indonesia:

1. Udang Vannamei

Pembudidayan udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei) sedang berkembang pesat di Indonesia akhir-akhir ini. Udang Vannamei memiliki berbagai keunggulan dibandingkan udang lain, semisal lebih tahan serangan penyakit, pertumbuhan lebih cepat, masa pemeliharaan lebih singkat, tergolong tinggi daya tahan hidup selama pemeliharaan, pemberian pakan yang relatif lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *