Kenali 10 Komoditas Ekspor Unggulan dari Indonesia

Kenali 10 Komoditas Ekspor Unggulan dari Indonesia

Semakin tinggi aktivitas ekspor suatu negara maka iklim investasi dan pertumbuhan ekonominya juga semakin baik. Berikut ini adalah tujuan dan manfaat yang didapatkan dari kegiatan ekspor barang dari dalam ke luar negeri:

Kegiatan Ekspor Dapat Menumbuhkan Industri Dalam Negeri

Ekspor merupakan suatu bentuk kegiatan perdagangan internasional yang bertujuan untuk memberikan rangsangan terhadap permintaan dalam negeri sehingga menyebabkan tumbuhnya industri-industri dalam negeri.

Permintaan pasar internasional yang meningkat akan suatu produk dapat berdampak pada perkembangan industri dalam negeri.

Kegiatan Ekspor Dapat Mengendalikan Harga Produk

Dengan melakukan kegiatan ekspor, negara bertujuan untuk memanfaatkan kelebihan kapasitas dari suatu produk. Tujuannya adalah untuk mengendalikan harga produk ekspor yang ada di dalam negeri. Ketika suatu produk melimpah produksinya maka harga produk tersebut di dalam negeri akan memiliki harga yang rendah karena sangat mudah didapatkan.

Oleh karena itu, untuk mengendalikan harga produ dalam negeri supaya tetap stabil, negara melakukan ekspor ke negara lainnya yang membutuhkan produk tersebut.

Kegiatan Ekspor Dapat Menambah Devisa Negara

Kegiatan ekspor tentunya berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi suatu negara. Manfaat dari kegiatan ekspor adalah membuka pasar baru di luar negeri sebagai perluasan pasar domestik, menumbuhkan investasi, dan menambah devisa suatu negara.

Pemasukan devisa negara tersebut karena transaksi yang dilakukan menggunakan mata uang dolar US, sehingga devisa negara dapat bertambah dan perekonomian dapat stabil. Terlebih lagi, Indonesia tergabung dalam organisasi Internasional, sehingga pasar perdagangan terbuka lebih luas dan negara mendapatkan pemasukan yang lebih banyak.

Kegiatan Ekspor Dapat Mengenalkan Produk Dalam Negeri ke Pasar Internasional

Tidak hanya untuk meningkatkan pendapatan negara, ekspor juga dapat digunakan sebagai media promosi produk dalam negeri. Produk-produk yang diekspor dapat menjadi media untuk memperkenalkan produk-produk yang diproduksi di dalam negeri ke berbagai belahan dunia.

Kegiatan Ekspor Dapat Menciptakan Lapangan Kerja

Semakin tinggi kegiatan ekspor membuat kapasitas produksi meningkat untuk memenuhi kebutuhan internasional, sehingga berdampak ke setiap perusahaan untuk membutuhkan tenaga kerja untuk menambah kapasitas produksi. Hal inilah yang membuat lapangan pekerjaan terbuka luas dan mengurangi angka pengangguran.

10 Komoditas Ekspor Ungggulan yang Perlu Anda Ketahui

Dengan ragam kekayaan alam, Indonesia memiliki nialai ekspor yang tinggi, terutama di sektor non-migas. Pada saat ini, kegiatan ekspor Indonesia didominasi oleh ekspor non-minyak dan gas yang porsinya mencapai lebih dari 90 persen. Dengan demikian, ekspor minyak dan gas tidak mendominasi ekspor Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *