Besarnya Peluang Ekspor Bagi Pelaku Usaha Kecil atau UMKM

Besarnya Peluang Ekspor Bagi Pelaku Usaha Kecil atau UMKM

Di saat ini seringkali muncul pertanyaan khususnya dari pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau yang disebut UMKM. Mungkinkah pelaku UMKM bisa menembus pasar ekspor internasional? Jawabannya adalah SANGAT MUNGKIN.

Namun ketika pertanyaan tersebut terjawab, muncul kembali beberapa pertanyaan selanjutnya. Tidak sedikit UMKM yang bingung mengenai sektor produk apa saja yang memiliki nilai keunggulan dan berpotensi untuk diekspor, bahkan tidak mengetahui jika peluang ekspor UMKM masih sangat besar.

Bagi Anda para pelaku UMKM, tak perlu khawatir jika memang Anda memiliki impian untuk memperluas pasar hingga ke mancanegara. Justru dengan adanya keterlibatan UKM dalam kegiatan ekspor, bisa mendatangkan manfaat bagi semua sektor.

Kontribusi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) terhadap nilai ekspor Indonesia masih cukup rendah. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat sumbangsih UKM terhadap total ekspor hanya ada pada kisaran 14,5% pada Januari tahun lalu.

Angka ini masih tertinggal jauh dibanding negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam yang masing-masing telah mencatat angka di atas 20%, sementara Thailand malah sudah mencapai 35%. Angka tersebut akan terlihat lebih kecil lagi bila dibandingkan dengan Jepang yang mencapai 55%, Korea 60%, dan Cina 70%.

Padahal peluang ekspor UMKM di Indonesia masih terbuka lebar. Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2020 mencatat, nilai ekspor Indonesia mencapai US$14,09 miliar. Sebagian besar ekspor tersebut ditopang oleh ekspor non migasi yakni sekitar US$13,25 miliar, dengan pertumbuhan yang terus meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *